KKN ONLINE UNIVERSITAS BUANA PERJUANGAN KARAWANG “MAHASISWA LAKUKAN PENYULUHAN ONLINE DI DESA SUKAPURA”

Spread the love

Seperti tahun – tahun sebelumnya, Universitas Buana Perjuangan Karawang tahun ini juga melakukan KKN bagi Mahasiswanya. Senin (19/07/21)


Ditengah pandemik yang hingga saat ini belum berakhir, UBP  Karawang tetap berupaya untuk menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi. 3 Point dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengembangan, dan Pengabdian kepada Masyarakat.


Kegiatan KKN yang biasanya dilakukan secara langsung oleh mahasiswa yang diarahkan oleh Dosen Pembimbing, kali ini banyak perubahan dikarenakan pandemic yang hingga saat ini belum usai. Hal ini membuat mahasiswa dan dosen harus berpikir keras untuk tetap menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian kepada masyarakat tetapi tetap menjalankan protocol kesehatan ditengah pandemic dan PPKM sekarang ini.


Seperti kita ketahui bersama, Covid-19 di Kabupaten Karawang masih belum bisa dikendalikan, bahkan setiap harinya keadaan justru makin mengkhawatirkan. Karawang merupakan penyumbang angka covid terbesar di Jawa Barat, sehingga Karawang  masuk dalam zona resiko tinggi (zona merah) covid-19 di Jawa Barat.


Kegiatan KKN online 2021 UBP Karawang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ( LPPM ) . Kegiatan ini melibatkan semua unsur civitas, mulai dari pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan yang tergabung dalam susunan Kepanitiaan dan dikukuhkan melalui SK Rektor No. 055/R/SK/2021.


Perlu kita ketahui bersama KKN ( Kuliah Kerja Nyata ) merupakan bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu.
KKN biasanya dilakukan selama 1 bulan dengan cara mahasiswa membuat dan menjalankan program kerja yang sudah disusun sebelumnya.

Kegiatan KKN yang dilakukan di desa diharapkan dapat membuat mahasiswa dapat berinteraksi secara sosial dan terjun langsung sehingga mengetahui keadaan yang sebenarnya di lapangan dan dapat menerapkan ilmu yang sudah diperoleh secara teori di Universitas, sehingga Tri Dharma Perguruan Tinggi yang bertujuan sebagai pengabdian kepada masyarakat dapat tercapai.
Namun dengan masih tinggi nya angka covid-19 khususnya di Kabupaten Karawang, Hal ini berdampak juga pada KKN yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang seperti KKN di desa Sukapura.

Keterbatasan untuk bertatap muka dan melakukan penelitian juga sangat dirasakan oleh rekan – rekan mahasiswa KKN di desa sukapura, namun hal itu tidak menjadi hambatan, dengan kecanggihan tegnologi saat ini mahasiswa dapat melakukan KKN dengan sistem online.

Dengan adanya bimbingan dari Ibu Dr. Yuniar Rahmatiar S.H., M.H. peserta KKN di desa Sukapura merasa lebih mudah untuk menjalankan program kerja yang sudah disusun dengan arahan beliau sebelumnya.


Dalam Agenda yang sudah disusun, Peserta KKN di desa sukapura telah merancang beberapa agenda, salah satunya yaitu memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada warga desa sukapura. Peserta KKN desa Sukapura telah melaksanakan dengan metode online menggunakan aplikasi Google meet dengan tema covid 19.


Dalam kegiatan online yang telah dilakukan, warga desa Sukapura bisa saling memberikan pendapatnya pada penyuluhan yang sudah dibuat. Ada beberapa warga yang memberikan pendapat atau diskusinya kepada kami. Salah satunya adalah Ibu Dedeh. Beliau bertanya terkait UMKM (Usaha kecil, Mikro dan Menengah) yang cocok untuk warga desa sukapura di masa new normal ini.


Tujuan diadakannya kegiatan penyuluhan dan pembinaan online ini adalah untuk memberikan masukan kepada masyarakat di desa Sukapura untuk dapat mengembangkan UMKM ditengah pandemic covid-19.


Diharapakan setelah ini peserta KKN desa sukapura bersama dengan Pihak Desa Beserta Instansi terkait dapat ikut serta untuk membangkitkan kembali UMKM Dan mendukung Pemerintah dalam Penanggulangan Pandemi Covid-19 khususnya di desa sukapura. (rls/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *