KKN MAHASISWA UBP KARAWANG MEMBANTU PIHAK DESA DAN PELAKU UMKM DI DESA KEMIRI TERSEBUT YANG TERDAMPAK COVID-19

Spread the love

Aktivitas masyarakat Indonesia sekarang ini tentunya telah berubah sejak adanya pandemi virus Covid-19 terlebih di era new normal ini, dimana masyarakat tetap beraktivitas seperti sedia kala tetapi harus melaksanakan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Masyarakat tentunya harus diberikan edukasi yang benar agar meminimalisir penularan virus Covid-19 dan tentunya untuk menjaga kesehatan mereka yang tentunya melalui peran pemerintah desa beserta seluruh masyarakat disekitarnya.

Kegiatan KKN yang dilakukan ini mengusung tema ‘Sinergi Membangkitkan Ekonomi Kerakyatan Di Era New Normal’ ini sudah memasuki tahap akhir karena waktu pelaksaan nya dari tanggal 1 juli 2021-31 juli 2021.Program yang dijalankan diantaranya ialah sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat mengenai Pencegahan covid-19,Penggunaan Tanaman Obat,dan meningkatkan daya jual untuk pelaku UMKM.

Pada program ini Rivaldi melakukan pendampingan dan penguatan UMKM yang ada di Desa, Pelaksanaan kegiatan KKN ini dilaksanakan di Desa Kemiri yang terletak di Kec. Jayakerta Kab. Karawang.

Dalam pelaksanaan PPKM yang diterapkan oleh pemerintah sebagian besar toko dan kios yang berada di kota karawang diharuskan tutup ataupun memberikan pelayanan hanya melalui online atau menerapkan sistem “take away”. Hal ini menyebabkan sebagian besar UMKM rugi.

Dengan adanya kegiatan KKN Ini Rivaldi dan mahasiwa lainnya yang satu kelompok mendapatkan kesempatan untuk memberikan penguatan dan pendampingan kepada UMKM. Selain memberikan pendampingan kepada pemilik usaha, Rivaldi juga memberikan bantuan Masker, Handsanitizer, Disinfektan Kepada Masyarakat di Desa Kemiri yang di wakili oleh aparat desa.

Disampaiakan pula oleh Ibu Lia Selaku Perwakilan Dari Pihak Desa Kemiri yang menyampaiakan Terkait pelaksanaan KKN dari mahasiswa UBP karawang, kita sangat apresiasi dan bangga karena baru kali ini ada mahasiswa dari UBP Karawang yang melaksanakan KKN di desa Kemiri ini dan saya juga sangat berterima kasih atas pemberian bantuan seperti Handsanitizer, Disinfektan dan juga Masker,bahkan Disinfektan langsung kami semprotkan ke dusun-dusun,dan Ibu Lia Menyampaikan jika kondisi tidak sedang pandemi mungkin pelaksanaan KKN akan lebih seru dan dapat turun ke lingkungan masyarakat sepenuhnya yang ada di desa kemiri.

terkait UMKM sendiri kita sangat di untung kan karena warga yang memiliki usaha bisa mempromosikan hasil produk nya lebih luas lagi seperti ke sosial media dan akun-akun allshop, suatu kebanggaan dan kabar bahagia bagi aparat desa dan warga desa kemiri saat adanya kegiatan KKN di desa kemiri ini. Banyak juga masyaratat kita yg memiliki UMKM namun dekan kondisi usia di atas usia produktif sehingga mereka tidak begitu paham terkait promosi di media sosial, Pihak desa juga berharap semoga kedepannya akan ada lagi program pelaksanaan KKN berikutnya. (Red/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *