SELESAI SUDAH KKN MAHASISWA UBP : Dampak Positif Dirasakan Langsung Anggota KKN Dan Warga Desa Kertarahayu

Karawang – Tidak terasa sebulan telah berlalu dan mahasiswa UBP telah menyelesaikan salah satu isi Tri Dharma yaitu pengabdian kepada masyarakat atau bisa di sebut Kuliah Kerja Nyata (KKN). mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang melaksanakan kegiatan KKN di Desa Kertarahayu Kecamatan Cibuaya. Seiring berjalannya waktu, program demi program kerja telah dilaksanakan dengan baik, salah satunya kunjungan terhadap UMKM kembang ros yang ada di Desa Kertarahayu. Dampak yang dirasakan adalah dapat membantu usaha UMKM kembang ros dengan cara membantu produksi serta memberikan ide berupa cara pemasaran yang baik dan kemasan yang menarik.

  1. Kunjungan terhadap UMKM kembang ros berlangsung pada tanggal 28 Juli 2021, Ini merupakan kegiatan kunjungan kepada warga desa kertarahayu. Kunjungan ini bermanfaat bagi kedua belah pihak, bagi mahasiswa KKN memberikan dampak yaitu menambah wawasan dalam pembuatan kue kembang ros, serta menambah pengalaman dalam berinteraksi dan komunikasi dengan masyarakat. Sedangkan dampak bagi warga Desa Kertarahayu yaitu mereka dapat mengetahui cara memasarkan produk yang mereka buat ke dalam marketplace atau media sosial, dan mereka juga memperoleh pengetahuan yang mahasiswa KKN berikan, seperti pembuatan packaging yang menarik sehingga dapat memberikan value terhadap makanan yang di jual.

Program KKN Mahasiswa Universitas Buana Perjuangan Karawang sangat membantu Desa terutama dalam Prodeskel (Program KKN Mahasiswa yang kedua) dengan melakukan input data Kartu Keluarga. Prodeskel berlangsung selama enam hari ini diselesaikan dalam waktu dua minggu, seminggu dilakukan secara terurut hingga selesai. Tugas Mahasiswa disini membantu menginput data Kartu Keluarga warga Desa Kertarahayu.

Selain membantu dalam UMKM dan Prodeskel, mahasiswa KKN juga melakukan pengajaran kepada anak-anak yang ada di Desa Kertarahayu, Program bimbinan mengajar ini dilakukan oleh Amel selaku anak Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Tidak hanya amel yang memberikan bimbingan mengajar, ada beberapa mahasiswa lain yang ikut serta dalam Program Kerja tersebut, mereka mengajar sesuai dengan keahlian yang mereka ambil. (red/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *