Dosen Unsika Sosialisasikan Penggunaan Aplikasi Baby Spa

Spread the love

Dosen Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) mensosialisasikan penggunaan aplikasi Baby Spa berbasis Android ke para pelaku bisnis Baby Spa. Dalam program pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini, para dosen menggandeng perusahaan startup Momby Indonesia.

Program ini sekaligus merupakan pelaksanaan salah satu pilar Tridharma Perguruan Tinggi, dan terintegrasi dengan praktik Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik-Integratif mahasiswa di bawah Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unsika.

“Menjamurnya bisnis Baby Spa di kota-kota besar semakin marak bermunculan tak terkecuali juga di Karawang, tidak aneh hal ini terjadi karena manfaat Baby Spa dapat dirasakan bagi bayi yang diberikan treatment Baby Spa akan mengalami tumbuh kembang yang optimal jika dibandingkan dengan bayi yang tidak diberikan treatment tersebut,” kata Carudin, salah satu dosen yang terlibat dalam penelitian. Selain Carudin, ada dua dosen lain yang terlibat. Yaitu Asep Jamaludin dan Uway Wariah.

“Aplikasi ini diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan terapis Baby Spa. Begitupun juga bagi terapis dapat meningkatkan order layanan dan pendapatan terapis,” sambungnya.

Sampai saat ini di Karawang, kata Carudin, belum ada platform khusus untuk jasa reservasi terapis Baby Spa di mana terapisnya sebagian besar dari tenaga kesehatan. Sehingga aplikasi Baby Spa ini menjadi peluang yang sangat terbuka bagi terapis untuk bergabung di aplikasi ini.

“Dengan harapan aplikasi Baby Spa ini bisa viral khususnya di Karawang sehingga penggunanya menjadi lebih banyak.”

“Dengan meningkatnya kebutuhan spa atau pijat untuk ibu dan bayi, serta maraknya terapis yang belum dikenal masyarakat, baik ibu yang telah memiliki anak maupun calon ibu, maka perlu adanya sosialisasi aplikasi yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut dan juga edukasi terhadap pentingnya manfaat Baby Spa terhadap optimalisasi tumbuh kembang bayi.”

Hal senada juga disampaikan koordinator KKN Tematik-Integratif Rafli Rasyidin. “Nantinya kita juga Insya Allah akan mengadakan webinar yang akan membahas tentang Baby Spa kepada masyarakat umum terkhususnya Ibu-ibu. Dengan harapan nantinya informasi, edukasi, dan promosi mengenai Baby Spa lebih terkenal lagi di masyarakat.”

Bunda Wening, salah satu terapis dan peserta sosialisasi melalui media Zoom, mengaku sangat terbantu dengan sosialisasi ini.

“Saya sangat berterima kasih banget dengan temen-temen Mahasiswa dari KKN ini, saya sangat senang dan tertarik dalam mengembangkan IT saya, mohon bimbingannya ya teman-teman,” ujar Bunda Wening.

Dengan adanya sosialisasi ini diharapkan para terapis memahami proses penggunaan aplikasi sehingga memiliki peluang yang besar dalam memperluas target pasar juga membantu ibu yang kurang memiliki akses maupun informasi spa atau pijat untuk bayi mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *