Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Buana Perjuangan Karawang Di Desa Tanjung Pakis Kecamatan Pakis

Spread the love

Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat di daerah tertentu sebagai implementasi dari penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dalam hal ini khususnya Universitas Buana Perjuangan Karawang.

Universitas Buana Perjuangan Karawang megirim ratusan mahasiswa dan mahasiswinya di 90 desa sekabupaten karawang dengan 90 dosen pembimbing yang sudah mendapatkan surat tugas sebagai dosen pendamping Lapangan (DPL).


Kegiatan KKN bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa tentang terjun di masyarakat serta mengetahui kondisi masyarakat secara langsung dan juga untuk membentuk sikap mandiri dan tanggung jawab dalam melaksanakan kegiatan KKN.

Rencana awal KKN dilakukan dengan metode Hybrid atau dengan kata lain 50% Offline 50% online akan tetapi kondisi pandemic yang masih terjadi di Indonesia yang semakin hari semakin banyak kasus terpapar Covid-19 menyembabkan segala aktivitas akademik dan kegiatan masyarakat dibatasi sehingga kegiatan KKN di Universitas Perjuangan Karawang kembali dilakukan dengan metode Virtual/Online.

Rangkaian kegiatan KKN dimulai dari tanggal 22 Juni 2021 yang diawali dengan post test dan 1 Juli dilaksanakan pembukaan KKN secara online, sampai dengan nanti penutupan kegiatan KKN pada 3  Agustus 2021.


Adapun peserta KKN Virtual UBP Karawang tahun 2021 adalah mahasiswa-mahasiswi aktif lintas program studi, yaitu diantaranya Program studi teknik industri, teknik informatika, farmasi, manajemen, akuntansi, psikologi, ilmu hukum dan pendidikan guru sekolah dasar dan dibimbing langsung oleh Dosen pembimbing Lapangan.

Kuliah Kerja nyata (KKN) UBP Karawang tahun 2021 mengambil tema sinergi membangkitkan ekonomi kerakyatan di masa new normal. Pelaksanaan kegiatan KKN sendiri, dilakukan selama satu bulan sejak 01 Juli 2021 sampai 31 Juli 2021.

“Kelompok kami ditugaskan di Desa Tanjung Pakis, Kecamatan Pakis, Kabupaten Karawang. Selain itu, di masa pandemi Covid-19 ini, kegiatan KKN terbatasi oleh himbauan pemerintah untuk menerapkan protokol kesehatan, social distancing, dan pemberlakuan PPKM darurat selama pelaksanaan kegiatan KKN sehingga membuat kurang maksimal dalam hal pengisian prodeskel dengan data yang ada,” menurut M Abdul salah satu mahasiswa KKN virtual UBP Karawang 2021.


Program yang dilakukan di Desa Tanjung Pakis di antaranya adalah melakukan Prodeskel berupa pembaruan data terkait potensi Desa Tanjung Pakis serta pengembangan potensi UMKM di Desa Tanjung Pakis.

Program – program ini bertujuan untuk memberikan gambaran potensi Desa Tanjung Pakis khususnya bidang ekonomi kerakyatan di Masa New Normal agar ke depannya Desa Tanjung Pakis semakin berkembang ke arah lebih baik. “Kami berharap disituasi pandemic seperti ini masyarakat dapat sabar dan mentaati anjuran dari pemerintah agar pandemic ini segera berakhir,” M Abdul salah satu mahasiswa KKN UBP Karawang (red/rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *