M. Rudi Tegaskan Kemiskinan Salah Satu Faktor Penyebab Maraknya Anjal

Spread the love

Makassar- Anggota DPRD Makassar Kasrudi SH,.MH. menggelar sosialisasi Peraturan Daerah (Perda) Kota Makassar Nomor 2 tahun 2008, tentang pembinaan anak jalanan, gelandangan, pengemis dan pengamen di Hotel Grand Town Makassar, Jumat (20/08/2021)

Sosialisasi perda tersebut menghadirkan dua narasumber, Puspito Hargono dan Muh. Rudi kegiatan ini di ikuti oleh puluhan peserta dari berbagai elemen masyarakat dari kecamatan Panakukang

 

Kasrudi yang juga merupakan Anggota Komisi D DPRD Kota Makassar, menuturkan tujuan perda tersebut adalah mengatasi masalah sosial salah satunya adalah maraknya gelandangan dan anak jalanan di jalan-jalan di kota Makassar.

 

“Jadi ini semua untuk membantu visi dan misi Walikota makassar yakni Makassar Kota Dunia yang Sombere dan smart,” tuturnya.

 

“Banyak pihak selama ini salah mengartikan tentang kota Dunia, dikiranya itu hanya pembangunan Gedung-gedung tinggi, namun sesungguhnya Kota dunia itu sendiri sejatinya adalah meningkatkan kualitas pelayanan terhadap warga kota”lanjut legislator gerindra Dapil empat ini.

 

Puspito Hargono salah satu narasumber menuturkan bahwa Perda ini bertujuan untuk menekan dan mengatasi jumlah Gelandangan dan Pengemis di Kota Makassar.

 

“kalau kita sering memberi pengemis dan peminta-minta di jalan maka itu turut membantu menyuburkan jumlahnya, budaya memberi dan berdonasi orang-orang Indonesia cukup tinggi, jadi itu yang mereka manfaatkan” kata puspito.

 

Sementara itu Muh. Rudi yang menjadi Narasumber ke dua menjelaskan bahwa memang angka kemiskinan memang cukup tinggi di Kota Makassar.

 

“Karena pertumbuhan ekonomi di Kota makassar cukup tinggi, maka berbanding lurus dengan angka urbanisasi, dengan ketiadaan skill dan keterampilan juga tingkat Pendidikan yang rendah menjadikan mereka (gelandangan, pengemis dan pengamen) terlempar dan mengadu nasib di jalan” tutup Rudi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *