Dosen Unsika Dampingi Penggunaan Sistem Informasi Administrasi di Desa Sukatani Subang

Spread the love

Dosen Unsika (Universitas Singaperbangsa Karawang) melaksanakan pendampingan penggunaan sistem informasi administrasi desa di Desa Sukatani, Kecamatan Compreng, Kabupaten Subang dalam rangka program pengabdian dosen Unsika.

Program ini adalah kerja sama antara LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Unsika, dan Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM) pada Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi

Ketua pelaksana program Aries Suharso, S.Si., M.Kom menuturkan, penggunaan sistem informasi administrasi desa akan membantu pemerintahan desa dalam melayani administrasi kependudukan dan data kependudukan. Sistem ini membuat administrasi kependudukan dapat tersimpan rapi di dalam perangkat lunak tersebut, sehingga sewaktu-waktu pemerintahan desa membutuhkan data kependudukan akan mudah dicari dengan bantuan software sistem informasi administrasi desa.

Salah satu dosen anggota pelaksana PKM, Dr. Gusganda Suria Manda, S.E., MM menuturkan, “Sistem informasi administrasi desa dibuat dengan media online sehingga aparatur Desa Sukatani dapat melayani warganya di mana pun berada tanpa adanya batasan waktu dan tempat selama ada koneksi jaringan internet”.

Sistem informasi administrasi desa terintegrasi dengan website profil Desa Sukatani sehingga dapat dimanfaatkan oleh pemerintahan desa untuk mengumumkan atau menyebarluaskan informasi terkait kegiatan desa baik yang sudah dilaksanakan, sedang dilaksanakan maupun yang akan dilaksanakan kepada masyarakat. Sistem informasi administrasi desa dapat diakses melalui halama www.sukatani-subang.com.

Terpisah, Kepala Desa Sukatani Abdurrahman menuturkan, administrasi kependudukan sebelumnya dilakukan secara manual dengan diketik di aplikasi Microsoft Word kemudian nomor surat dicatat secara manual dalam buku besar desa.

“Ini akan menyulitkan dalam proses pencarian data. Dengan adanya sistem informasi administrasi desa, harapannya data administrasi kependudukan dapat terkelola dengan cepat efesien dan efektif,” kata Abdurrahman.

Sistem informasi administrasi desa dalam pembuatannya dibantu oleh mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Unsika, yaitu Fajar Estu Nugroho dan Nurlana Sanjaya. Pemebekalan dan pendampingan penggunaan sistem informasi administrasi desa kepada aparatur desa memiliki tujuan yaitu aparatur desa sukatani dapat menggunakan software tersebut dan terus digunakan secara bekelanjutan untuk melayani administrasi kependudukan Desa Sukatani.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *