Ketua Kesira Makassar M. Rudi Ucapkan Selamat Hari Anak Sedunia

Spread the love

Makassar-Tanggal 20 November diperingati sebagai Hari Anak Sedunia atau Universal Children’s Day. Melansir laman United Nations, Hari Anak Sedunia pertama kali ditetapkan pada 1954 sebagai Universal Children’s Day.

Hari Anak Sedunia ditetapkan untuk mempromosikan kebersamaan internasional, kesadaran di antara anak-anak di seluruh dunia, dan meningkatkan kesejahteraan anak-anak. Tanggal 20 November merupakan tanggal yang penting karena pada tahun 1959 Majelis Umum PBB mengesahkan Deklarasi Hak Anak.

Pada 20 November 1989, Majelis Umum PBB mengadopsi Konvensi Hak Anak. Sejak 1990, Hari Anak Sedunia juga menandai peringatan tanggal Majelis Umum PBB mengadopsi Deklarasi dan Konvensi tentang hak-hak anak.

PBB adopsi dokumen tentang hak-hak anak Awalnya diperoleh pada 1924 oleh Liga Bangsa-Bangsa, PBB mengadopsi dokumen ini sebagai pernyataannya sendiri tentang hak-hak anak. Teks aslinya berbunyi sebagai berikut: Anak harus diberikan sarana yang diperlukan untuk perkembangan normalnya, baik materiil maupun spiritual.

Anak yang lapar harus diberi makan, anak yang sakit harus disusui, anak yang terbelakang harus ditolong, anak yang nakal harus diasuh, dan anak yatim piatu dan anak terlantar harus dinaungi dan ditolong. Anak harus menjadi orang pertama yang menerima bantuan di saat-saat sulit. Anak harus ditempatkan pada posisi untuk mencari nafkah dan harus dilindungi dari segala bentuk eksploitasi.

Anak harus dibesarkan dalam kesadaran bahwa bakatnya harus diabdikan untuk melayani sesamanya.

Sementara itu Ketua Kesira Makassar M. Rudi dalam rilisnya Mengucapkan Selamat Hari Anak Sedunia.

“Hari Anak Sedunia bukan hanya hari untuk merayakan anak-anak apa adanya, tetapi untuk membawa kesadaran kepada anak-anak di seluruh dunia yang telah mengalami kekerasan dalam bentuk pelecehan, eksploitasi, dan diskriminasi.” Tutup Rudi

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *